my pets

my pets
ngaco abis ini mah bukan pet, but dari game kok

Sunday, April 18, 2010

7 Deadly sin

Akhirnya tergugah juga deh topik yang menarik yang mungkin cukup menarik untuk diperbincangkan adalah dosa itu sendiri. Apa to dosa itu sebenarnya ? dosa adalah perbuatan yang merugikan diri kita dan orang2 disekitar kita apalagi kalau kita sudah tak bisa mengontrolnya lagi dan menagakibatkan banyak ornag bakal menderita karenanya...bener gak yah...wakakakaak gak usah dipusingin deh wa juga gak bahas tentang dosa yang penting bukan di dosanya kok, yang penting kan di 7 dosa itu sendiri. Ok kenapa ada 7 dosa karena dosa-dosa inilah yang paling dasar yang mendasari diri kita untuk bertindak sesuai dengan moral yang telah kita yakini mungkin yang lain merupakan kombinasi dari ke tujuh motif ini..wakakkkakaka. Maklum bukan sosiolok or psikologik cuman seorang pengamat diri sendiri dan orang yang lagi lalu lalang didepan mata...wakakkaa
OK deh ketujuh hal ini mungkin udah sering kita dengar tapi gak ada salahnya saya tulis lagi:

1) LUST(godaan seksual)= seseorang yang mengangungkan sek jelas masuk dalam tahap ini...ornag yang candu terhadap sek sebagai pelarian juga masuk tahap ini. pokoknya selama kamu tergoda dengan seseornag dan tidak dapat mengendalikan diri masuk tahap ini deh. Berdasarkan pengamatan ku sih orang masuk tahap ini karena mereka merasa tidak dicintai dalam hidup mereka, setelah dewasa mereka mencari pelarian dengan masuk dalam kateogri lust sebagai pelengkap mereka dalam memenuhi perasaan dicintai

2) PRIDE (kebanggan) = seorang yang harga dirinya tinggi sampai mengangap remeh orang yang berada disekitarnya, biasanya ornag seperti ini sombong terhadap orang yang mereka anggap lemah. boleh saja memiliki harga diri tapi jangan berlebihan, karena ornag congkak akan dibenci orang....remember that. Pride adalah buah dari pengetahuan, tanpa disadarai kebanggan atas pengetahuan yang berlebih menuntun kita ke pride

3) GREED (keserakahan) = seseorang yang tak pernah puas dengan apa yang mereka miliki( kekuasan, popularitas, kekayaan), kalau cara mendapatkan bener sih gak papa biasanya sering lupa prinsip hidupnya ketika keserakahan ada dalam dirinya mereka sering mengorbankan hidup mereka dan kepentingan orang -orang yang ada disekitar mereka hanya untuk mendapatkan mimpinya itu.

4)ENVY (iri hati) = seseornag yang merasa cemburu terhadap orang lain karena ia tidak memiliki apa yang di milik orang lain, iri hati boleh saja tapi iri hati berlebih akan menimbulkan rasa dengki dan keinginan berbuat curang inilah yang tidak dijinkan.

5)WRATH (kemarahan)= seseorang yang mudah terbakar emosinya ketika orang lain tidak melakukan seperti apa yang diperintahkan dan selalu menghakimi kesalahan orang lain. kita sering marah-marah tanpa alasan untuk hal yang sepele seperti itulah kemarahan keluar dalam diri kita.

6)Gluttony (Rakus)= seseorang yang dalam hidupnya selalu berlebihan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya ornag yang kekenyangan makan(seharusnya kan makan hanya secukupnya), orang yang terlalu senang dengan hiburan, orang yang mengangap barang sbg sesuatu yang memiliki harga tinggi dimata mereka. Ada beberapa hal yang dikaitkan dengan Glutony menurut St. Thomas Aquinas sebagai berikut( sebelumnya thx atas sarannya):... THx wiki
  • Praepropere - eating too soon.(makan sebelum waktunya makan)
  • Laute - eating too expensively( makan -makan mewah)
  • Nimis - eating too much.(makan terlalu banyak)
  • Ardenter - eating too eagerly( makan dengan terlalu bersemangat)
  • Studiose - eating too daintily ( makan dengan rasa2 manis..mungkin yang dimaksud adalah makan yang terlalu memilih2 ...yah...thx ternyata ada to yang kayak gini...he2)
  • Forente - eating wildly (makan dengan rakus)

7)SLOTH (malas) = seseorang yang selalu menghindar melakukan pekerjan yang harusnya bisa mereka lakukan atau selalu menghindar untuk mengenal tuhan lebih dekat.

Lebih lengkapnya bisa lihat di wiki or white stone jurnal. klo yang di white stone yang menarik yang ini nih :
Pride
(1) (18%)
Humility Seeing ourselves as we are and not comparing ourselves to others is humility. Pride and vanity are competitive. If someone else's pride really bothers you, you have a lot of pride.
Avarice/Greed
(5) (5%)
Generosity This is about more than money. Generosity means letting others get the credit or praise. It is giving without having expectations of the other person. Greed wants to get its "fair share" or a bit more.
Envy
(2) (5%)
Love "Love is patient, love is kind…" Love actively seeks the good of others for their sake. Envy resents the good others receive or even might receive. Envy is almost indistinguishable from pride at times.
Wrath/Anger
(3) (20%)
Kindness Kindness means taking the tender approach, with patience and compassion. Anger is often our first reaction to the problems of others. Impatience with the faults of others is related to this.
Lust
(7) (31%)
Self control Self control and self mastery prevent pleasure from killing the soul by suffocation. Legitimate pleasures are controlled in the same way an athlete's muscles are: for maximum efficiency without damage. Lust is the self-destructive drive for pleasure out of proportion to its worth. Sex, power, or image can be used well, but they tend to go out of control.
Gluttony
(6) (8%)
Faith and Temperance Temperance accepts the natural limits of pleasures and preserves this natural balance. This does not pertain only to food, but to entertainment and other legitimate goods, and even the company of others.
Sloth
(4) (13%)
Zeal Zeal is the energetic response of the heart to God's commands. The other sins work together to deaden the spiritual senses so we first become slow to respond to God and then drift completely into the sleep of complacency.
* Numbers in parenthesis indicate position in Dante. ** Percentages indicate results of our poll as of October 25, 2009.
source:white stone jurnal

or tertarik ama simbol dan lambang yang dipakai untuk mengambarkan masing-masing dosa tersebut silahkan lihat ini joemagic1.tripod.com.

Namun pada kenyataannya dalam hidup kita malah lebih komplek daripada hal2 berikut diatas kita lebih sering menemui kombinasi dari beberapa dosa itu dalam diri kita . contoh2 yang mungkin isa membantu walaupun gak banyak juga sih:

1) ornag yang sombong akan menimbulkan iri hati bagi orang yan diperlakukan demikian dan pada akhirnya menimbulkan kemarahan dalam hati si iri hati tersebut.

2)orang yang rakus biasanya lebih dekat dengan ke serakahan...jika seseornag rakus dan tingkatnya semakin meningkat maka pada akhirnya akan meuju ketingkat yang lebih tinggi yaitu keserakahan

3) orang yang mengejar kebanggan yang pada akhirnya sombong (pride) kadang diikuti motif keserakahan atas apa yang mereka inginkan

4) kita sering iri terhadap orang lain...misalnya iri terhadap perhatian ornag lain terhadap ornag lain...dan karena kita tidak mendapatkan itu kita seakan merasa tidak dcintai, ketika ornag bingung mencari cinta maka ia akan bertemu dengan godaan seksual sebagai penyelesai masalahanya sebab seakan rasa cinta anda terpuaskan ketika godaan seksual dipuaskan. kombinasi anatara envy- lust yang mengerikan...jika meningkat terus bisa jadi semakin memburuk ...wkakaka

itu dulu deh ....wakakakakakaak

Ok saya akan menceritakan opini saya sendiri sebagai penulis blog ini.. ok mari kita mulai dulu hal yang menarik menurut saya. Justru saya lebih tertarik melihat rating dari dosa2 itu menurut seberapa banyak orang mengangapnya dosa itu paling berpengaruh terhadap seseorang...ok klo menurut saya sendiri maka saya akan membagi dosa dari yang terbesar dan terkecil dan melihatnya seberapa hal itu paling susah kita kendalikan....ok secara jujur saya memang paling susah klo berhubungan dengan kecanduan sexsual(lust), yang kedua mungkin kita susah mengontrol emosi saya (wrath) dan ke tiga yang lebih susah di kontrol adalah envy, sloth , pride, Gluttony , dan yang terakhir adalah greed.... bagaimana dengan anda sendiri?.... seberapakah besarnya menurut anda ?

2 comments:

Anonymous said...

paling susah glutony yang studiose
kalo ga salah yang makan milih milih
itu dosaku yang paling sering
he he

Cozu said...

wah ternyata masih kurang info yang lengkap thx atas infonya....wakakka ternyata makan milih juga dosa...baru tau saya....yah coba untuk sekali-kali melawanya deh gak dilawan gak bakal ilang or cobak direnungkan apa sumber masalahnya sehingga maslaahnya juga ilang....wakakakaka